Home » » Apa Itu JavaScript ?

Apa Itu JavaScript ?

Diposting Oleh Bang day ; Hari Jumat, 06 September 2013 Jam 14.33

Saya sendiri sering banget nemui kata ini yaitu "java script". Biasanya java script ini disisipkan pada kode html. Saya sendiri tidak tahu apa java script ini sebenarnya. Bisanya cuma copy lalu paste kode ke widget atau ke kode xml blog. Baiklah, mumpung lagi baca-baca tentang java script alangkah baiknya kita tulis di postingan itu tentang java script agar saya dan sobat-sobat lainnya bisa tahu.

Penjelasan berikut saya sadur dari sobat blogger lain yaitu http://himawan150.blogspot.com. Terimakasih atas informasinya.


JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program yang digunakan agar dokumen HTML yang ditampilkan dalam browser menjadi lebih interaktif, tidak sekedar indah saja. JavaScript memberikan beberapa fungsionalitas ke dalam halaman web, sehingga dapat menjadi sebuah program yang disajikan dengan menggunakan antarmuka web.

JavaScript merupakan bahasa script, bahasa yang tidak memerlukan kompiler untuk menjalankannya, cukup dengan interpreter. Tidak perlu ada proses kompilasi terlebih dahulu agar program dapat dijalankan. Browser web Netscape Navigator dan Internet Explorer adalah salah satu contoh interpreter, karena kedua browser ini telah dilengkapi dengan interpreter JavaScript. Tetapi tidak semua browser web dapat menjadi interpreter JavaScript karena belum tentu browser tersebut dilengkapi dengan interpreter JavaScript.

JavaScript adalah bahasa script yang ringan dan mudah digunakan. Dengan adanya JavaScript ini, maka kini halaman web tidak sekedar menjadi halaman data dan informasi saja, tetapi juga dapat menjadi suatu program aplikasi dengan antarmuka web.

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang tidak membutuhkan lisensi untuk dapat menggunakannya. jika browser web yang kita gunakan mendukung (memiliki) JavaScript maka kita dapat langsung membuat aplikasi berbasis web dengan menggunakan JavaScript.

Umumnya program JavaScript adalah program yang ditanamkan (disisipkan) ke dalam halaman web, sehingga halaman (dokumen) web menjadi sebuah aplikasi yang berjalan di dalam browser web. Beberapa sistem operasi menggunakan JavaScript untuk membuat aplikasi non-web, seperti sistem operasi MS Windows, yang menggunakan istilah Windows Scripting Host (WSH) sebagai interpreter JavaScript dan VBscript, sehingga program yang dibuat dengan JavaScript dan VBScript dapat langsung dijalankan di atas sistem operasi, tanpa harus menggunakan browser web terlebih dahulu.

Nah, kira-kira segitu deh penjelasan singkat tentang javascript. Mungkin ada sobat lain yang ingin menambahkan lagi tentang javascript? Silahkan sobat cantumkan di kotak komentar.
Berbagi dengan artikel ini :
Ditulis oleh : Bang Dayat
Description: Apa Itu JavaScript ? , Rating: 5
Reviewer: Bang Dayat, ItemReviewed: Apa Itu JavaScript ?

Artikel terkait tentang

Berlangganan Artikel BD
Masukkan Email Anda:

 
Support : Bang Dayat
Copyright © 2012-2017. Bang Dayat Blog's - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger