Home » » Memasang Kotak Komentar Facebook

Memasang Kotak Komentar Facebook

Diposting Oleh Bang day ; Hari Rabu, 22 Februari 2012 Jam 09.48

Kotak komentar facebook adalah kotak yang tersemat dibawah postingan yang berfungsi untuk mengomentari postingan tersebut melalui facebook. Tentunya untuk dapat melakukan komentar/meninggalkan komentar kita harus masuk ke akun facebook kita dulu. Kira-kira tampilannya seperti ini :

Memasang Kotak Komentar Facebook

Ide memposting ini berasal dari BD sendiri. Karena pengen membuat kotak komentar facebook di blogspot. Awalnya pernah buat tapi komentar untuk semua postingan sama, tapi untuk yang ini setiap postingan komentarnya.

Caranya sebagai berikut :

1. Login dulu ke akun facebook sobat, kemudian kunjungi developers facebook atau kunjungi link : https://developers.facebook.com/apps.

2. Kalau sobat sudah masuk ke halaman developers facebook, coba lihat kekanan atas ada tulisan create new app kemudian klik saja.
Memasang Kotak Komentar Facebook
3. Maka akan muncul kolom seperti dibawah ini.

Memasang Kotak Komentar Facebook

4. Isi app display name sesuai dengan keinginan sobat. BD contohkan misalnya 'Kotak Komentar'. Untuk app namespace tidak usah diisi atau dibiarkan saja. Jangan lupa untuk 'cheklist' atau tanda centang untuk persetujuan I agree to the facebook platform policies.

5. Selanjutnya sobat akan dibawa ke halaman edit app.

6. Kemudian scroll agak ke bawah ya hingga ketemu tulisan website. Klik tulisan tersebut kemudian diisi dengan nama website sobat ya, contohnya seperti ini : http://bang-dayat.blogspot.com/.

Memasang Kotak Komentar Facebook

7. Kemudian klik simpan perubahan. Jangan lupa untuk mencatat app ID.


Selesai juga membuat aplikasi kotak komentar di facebook, sekarang kita akan menampilkan aplikasi tersebut di blogspot milik kita. Bagaimanakah caranya? Berikut caranya.

1. Login ke akun blogger sobat, jangan lupa download/simpan templatenya buat jaga-jaga bila ada kesalahan dalam memasang aplikasi ini.

2. Dari dashboard > rancangan > edit html.

3. Centang expand template widget nya.

4. Lalu taruh kode berikut ini dibawah kode <data:post.body/>. Untuk mempermudah mencari kode <data:post.body/> ini gunakan fasilitas ctrl+f.


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div id='fb-root'/><script src='http://connect.facebook.net/en_US/all.js#appId=App Id kamu&amp;xfbml=1'/><fb:comments expr:href='data:post.url' numposts='5' width='590'/>
</b:if>

5. Ganti App Id kamu dengan ID nya sobat yang telah dicatat tadi, dan angka 590 bisa diubah-ubah sesuai dengan lebar postingan blog sobat. Numposts='5' bisa diubah juga untuk memunculkan maksimal komentar.

6. Taruh skrip dibawah ini dibawah <head> atau di atas <b:skin><![CDATA[

<meta content='ID FACEBOOK' property='fb:admins'/>
<meta content='APP ID' property='fb:app_id'/>

7. Ganti ID facebook dan app ID sesuai dengan ID nya sobat ya.

8. Simpan template.

Bagaimana sobat apakah sudah bisa? BD berharap bagi sobat2 yang mencoba Memasang Kotak Komentar Facebook di Blogspot pada berhasil semua. Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan postingan ini silahkan masukkan di kolom komentar ya. Terima kasih.
Berbagi dengan artikel ini :
Ditulis oleh : Bang Dayat
Description: Memasang Kotak Komentar Facebook , Rating: 5
Reviewer: Bang Dayat, ItemReviewed: Memasang Kotak Komentar Facebook

Artikel terkait tentang

Berlangganan Artikel BD
Masukkan Email Anda:

 
Support : Bang Dayat
Copyright © 2012-2017. Bang Dayat Blog's - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger