Home » » Perbedaan Wordpress.org dan Wordpress.com

Perbedaan Wordpress.org dan Wordpress.com

Diposting Oleh Bang Dayat ; Hari Kamis, 15 Agustus 2013 Jam 15.45

Setelah lebaran akhirnya kita lanjutkan lagi bloggingnya. Mohon maaf lahir dan batin buat sobat semuanya. Dalam kesempatan ini saya ingin memposting tentang perbedaan wordpress.org dan wordpress.com. Sebenarnya saya sudah pernah baca tapi sebagai bahan referensi sehingga saya ingin memposting tentang ini dan tentunya pengen berbagi buat sobat lainnya. Oh ya sebagian artikelnya saya sadur dari blognya Kang Rohman.

Langsung saja ya sob...


Wordpress.org
Wordpress.org adalah penyedia software gratis untuk membuat blog, software blog itu sendiri dinamakan dengan wordpress. Siapapun boleh mengunduh atau mendownload software wordpress tersebut lalu menggunakannya sebagi software blog. Secara singkat, apabila anda ingin membuat blog menggunakan software wordpress, anda tinggal mendownload software wordpress di wordpress.org kemudian menginstall nya pada hosting yang anda miliki, baik pada hosting berbayar ataupun hosting gratis. Namun, blog anda tidak ada hubungannya dengan wordpress.com. Membuat blog menggunakan software wordpress yang didapat dari wordpress.org lebih dikenal dengan istilah wordpress self hosting atau wordpress hosting sendiri.

Wordpress.com
Wordpress.com adalah penyedia blog gratis atau istilah asingnya free blog provider. Software blog yang digunakan adalah wordpress. Di wordpress.com anda dapat membuat blog tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis, anda tidak perlu membeli nama domain atau hosting. Yang perlu anda lakukan hanyalah mendaftar dan ciptakan blog anda sesuai dengan langkah-langkah yang telah di tentukan wordpress.com. Wordpress.com memang situs resmi pihak pengembang software wordpress.

Dari pengertiannya dapat kita lihat perbedaannya. Namun kita dapat merincinya secara mendalam kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Wordpress.com
  • Untuk membuat blog di wordpress.com tidak perlu pusing untuk menginstall software wordpress, anda cukup mendaftar dan menciptakan blog anda sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh wordpress.com
  • Apabila anda membuat blog di wordpress.com maka tidak perlu membeli nama domain untuk blog anda tersebut, karena akan secara otomatis menggunakan subdomain dari wordpress.com. Contoh alamat blog yang menggunakan wordpress.com : hidayatnurwahid.wordpress.com. Walaupun demikian, apabila suatu saat anda ingin mengganti alamat tersebut dengan nama domain yang anda miliki, anda dapat melakukan hal tersebut dan istilah ini dikenal dengan domain mapping. Selain itu, andapun tidak perlu memikirkan masalah hosting, karena lagi-lagi ini diberikan secara gratis.

Kelebihan Wordpress.org (Wordpress hosting sendiri)
  • Dapat install plugin secara bebas.
  • Dapat install theme / tema secara bebas.
  • Javascript berfungsi secara normal.
  • Tidak terikat dengan peraturan wordpress.com. Walaupun blog anda menggunakan software wordpress, namun blog anda tidak ada hubungannya dengan wordpress.com, oleh karenanya anda tidak terikat oleh aturan wordpress.com. Walau demikian, anda tentunya terikat dengan peraturan perusahaan hosting dimana anda menyewa hosting.
  • Lebih di percaya.

Kekurangan Wordpress.com
  • Tidak dapat install Plugin. Dalam banyak keadaan, seringkali kita memerlukan plugin yang mempunyai fungsi khusus untuk memenuhi kebutuhan, namun itu tidak dapat dilakukan di wordpress.com, anda hanya bisa menggunakan fungsi-fungsi yang sudah disediakan saja.
  • Tidak dapat install theme / tema. Tampilan blog terkadang merupakan hal yang penting sebagai gambaran si pemiliknya, di wordpress.com anda hanya diizinkan memilih tema yang sudah disediakan. Apabila anda ingin menggunakan tema sendiri, anda harus melakukan upgrade dan membayar sejumlah biaya.
  • Fungsi javascrip di nonaktif. Dalam beberapa kesempatan, terkadang kita perlu memasang fungsi javascript di blog kita seperti widget-widget yang bertebaran di internet, namun di wordpress.com tidak dapat di lakukan karena telah di nonaktifkan. Apabila anda memasukkan javascript maka fungsi script tersebut tidak akan berjalan sesuai dengan fungsinya.
  • Terikat dengan peraturan wordpress.com. Gratis bukan berarti bebas melakukan apa saja, akan tetapi anda harus mentaati peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak wordpress. Apabila anda melakukan pelanggaran akan peraturan yang ada, maka bersiap-siaplah blog anda akan di tutup oleh pihak wordpress.com.
  • Kurang di percaya. Dalam beberapa keadaan, katakan saja blog untuk berjualan, umumnya blog yang menggunakan domain dan hosting sendiri lebih dipercaya oleh calon pembeli dibanding menggunakan yang gratisan.

Kekurangan Wordpress.org
  • Harus install software wordpress sendiri. Semua dilakukan oleh anda sendiri, oleh karenanya diperlukan pengetahuan tentang instalasi wordpress.
  • Harus mengeluakan biaya membeli domain dan hosting (walaupun tentu ada juga domain dan hosting gratis yang bertebaran di internet).

Nah, setelah melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing tentunya anda bisa memilih mana yang bagus untuk kebutuhan anda. Semoga postingan ini bermanfaat untuk semuanya.
Berbagi dengan artikel ini :
Ditulis oleh : Bang Dayat
Description: Perbedaan Wordpress.org dan Wordpress.com , Rating: 5
Reviewer: Bang Dayat, ItemReviewed: Perbedaan Wordpress.org dan Wordpress.com

Artikel terkait tentang

Berlangganan Artikel BD
Masukkan Email Anda:

 
Support : Bang Dayat
Copyright © 2012-2017. Bang Dayat Blog's - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger