Home » » Cara Mengatasi Fan Error pada Komputer

Cara Mengatasi Fan Error pada Komputer

Diposting Oleh Bang day ; Hari Jumat, 28 Februari 2014 Jam 14.34

Saya ingin berbagi pengalaman saja tentang komputer, namun kali ini kita membahas tentang hardware dan sedikit software. Kemarin ketika menghidupkan komputer saya diberitahukan bahwa fan error! Tulisan tersebut muncul saat akan booting. Sempat membuat bingung sih, maklum saya kan masih pemula. Beberapa kali ketika saya ingin menghidupkan komputer selalu muncul pesan seperti itu.

Saya selalu mengabaikannya, cukup dengan menekan tombol F1 bisa langsung masuk ke windowsnya. Saking seringnya muncul dan berpikir sepertinya ini fan prosessor yang ada masalah karena cuma ada satu fan itu yang ada didalam cpu. Untuk meyakinkan, saya buka casing cpu dan saya hidupkan cpu. Alhasil ternyata kipas prosessornya tidak berputar.

Pantesan ada pesan fan error ternyata itu penyebabnya. Untuk mengatasi itu setiap kali menghidupkan komputer kipas prosesornya saya putar dengan tangan agar mau berputar. Karena tindakan yang saya lakukan kurang efektif maka saya membuka kipas prosessor untuk mengeceknya. Setelah diputar ternyata putaran kipasnya agak berat, harusnya kipas normal kalau diputar dengan tangan putarannya ringan.


Terus saya coba akali dengan menambah pelumas agar putarannya ringan, namun setelah saya pasang kembali hasil putarannya tidak masksimal. Karena kipas ini penting sekali tentunya harus diganti dengan kipas yang baru atau kondisi baik. Kipas prosesor yang tidak baik akan berdampak ke prosessor, akibatnya prosessor akan panas dan rentan akan kerusakan.

Kalau sobat mengalami hal seperti ini maka hal yang sobat lakukan adalah :

1. Cek kabel fan prosessornya apakah terhubung dengan baik atau tidak?

2. Jika terhubung dengan baik lihat putaran kipasnya, apakah kencang atau lambat atau tidak berputar sama sekali?

3. Jika putaran kipasnya normal namun masih ada pemberitahuan fan error bisa jadi kerusakan pada sensor fannya.

4. Jadi kesimpulannya kalau rusak lebih baik diganti fan prosessornya, harganya berkisar 100 ribuan sudah dengan heatsink. Lebih baik mengeluarkan uang 100ribu untuk membeli kipas prosessor daripada membiarkannya dan merusak prosessor yang harganya mahal.

Nah, sekian sharing dari saya dan berharap dapat memberikan manfaat kepada sobat-sobat. Ditunggu komentarnya.
Berbagi dengan artikel ini :
Ditulis oleh : Bang Dayat
Description: Cara Mengatasi Fan Error pada Komputer , Rating: 5
Reviewer: Bang Dayat, ItemReviewed: Cara Mengatasi Fan Error pada Komputer

Artikel terkait tentang

Berlangganan Artikel BD
Masukkan Email Anda:

 
Support : Bang Dayat
Copyright © 2012-2017. Bang Dayat Blog's - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger