Home » » Perlengkapan Saat Mendaki Bukit atau Gunung

Perlengkapan Saat Mendaki Bukit atau Gunung

Diposting Oleh Bang Dayat ; Hari Jumat, 25 Maret 2016 Jam 10.20

Sebenarnya malu ngeposting hal semacam ini karena saya sendiri kurang hobby untuk mendaki bukit atau gunung, namun karena beberapa waktu yang lalu secara tiba-tiba saya ingin sekali mendaki Bukit Tengkorak di daerah Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah dan mengajak beberapa teman untuk mendaki bukit tersebut. Kebetulan teman-teman yang saya ajak memang hobbynya naik bukit atau gunung yah jadi pas banget. Mereka lebih tahu apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaki bukit dari perlengkapan, logistik dan lain-lain.


Pendakian tersebut menjadi sebuah pengalaman yang baru bagi saya hehe, dari pengalaman tersebut saya ingin membuat sebuah referensi tentang perlengkapan ketika mendaki bukit atau gunung supaya jika dikemudian hari saya atau teman-teman blogger ingin camping diatas bukit tidak perlu bingung ketika akan mempersiapkan perlengkapan dan logistik.

Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan (penjelasan dibawah ini saya sadur dari blog http://jd2984.blogspot.co.id dan sebagian diedit)


A. Peralatan Packing

1. Tas Carrier/Ransel Carrier, usahakan carrier yang teruji kualitasnya yang dapat digunakan untuk tempat tenda dan perlengkapan lainnya.

2. Tas Punggung (Daypack) Boleh bawa boleh juga tidak. Jika masih memungkinkan sebaiknya Anda membawanya.

3. Kantong Plastik / Trash Bag Fungsinya untuk menjaga barang bawaan kita agar tidak basah terkena air dan tempat sampah. Jadi bawalah beberapa kantung sesuai kebutuhan.

B. Peralatan Pribadi

#. Jaket Gunung, usahakan pilih jaket gunung yang tebal, saya sendiri merekomendasikan jaket polar dari bahan bulu angsa.

#. Baju Ganti Bawa saja secukupnya. Hal ini untuk berjaga-jaga jika baju yang kita pakai basah atau kotor. Baju ganti disini sudah termasuk baju (kaos), celana, dan pakaian dalam, sajadah untuk sholat. Usahakan jangan pakai levis karena akan ribet apalagi pas hujan.

#. Rain Coat / Ponco Membawa jas hujan menurut saya adalah sebuah keputusan yang tepat karena alam ga bisa ditebak, ada matahari aja masih bisa hujan.

#. Topi dan Sarung Tangan, Topi bisa berguna untuk melindungi kepala dan tengkuk belakang dari terik matahari bagusnyanya sih pakai tobi rimba bro dan sis, kalo sarung tangan bebas.

C. Perlengkapan Kaki

#. Sepatu, fungsinya pasti sudah pada tahu, untuk melindungi kaki dari duri, kerikil tajam, gigitan ular dan mencegah dari hawa dingin. Gunakan sepatu yang dirancang khusus untuk mendaki gunung.

#. Sandal.

#. Kaos Kaki (cadangan banyakin).

#. Gaiter (untuk jalur yang banyak pasir dan bebatuan kecilnya) kaya Gunung Slamet dan Gunung Semeru.

D. Perlengkapan Camping / Tidur.

#. Tenda, tenda hendaknya dapat menampung seluruh anggota pendakian (team) dan kalo bisa jangan lebih ataupun kurang (paspas aja) biar udara yang berada didalam hangat coi.

#. Sleeping Bag (SB) Selain jaket, sleeping bag akan menjadi peralatan andalan untuk mengusir hawa dingin yang menyerang tubuh kita. Kalau kantong minim dan SB gak ada bisa diakalin pake sarung dengan cara 2 sarung dijahit terlebih dahulu untuk dijadikan 1 sarung (pengalaman dulu) hehe.

#. Matras.

E. Peralatan Makan dan Masak

#. Peralatan masak terdiri dari kompor dan bahan bakar, nesting, wadah air, dsb. Harap diperhatikan, jika memungkinkan bawalah alternatif dari alat masak yang Anda bawa. Jika anda memilih kompor gas portable, saya sarankan Anda juga membawa parafin atau bahan bakar lainnya. Jika sewaktu-waktu kompor yang kita bawa rusak kita tidak perlu khawatir karena kita sudah punya penggantinya.

Kompor
kaleng gas
panci masak nasi
cerek untuk ngopi
panci masak mie dan sarden

#. Piring atau kertas untuk makanan, sendok, garpu, gelas, dan lain sebagainya.

F. Logistik

#. Usahakan kita membawa logistik yang cukup dan jika perlu bawa lebih. Kita pasti tidak ingin mendaki gunung dalam keadaan perut keroncongan bukan? Apa aja yang musti dibawa? Sebagai gambaran saya biasa membawa
Air mentah dirigen
Air mineral 1,5 liter
beras
mie instan
sarden (ikan kaleng)
tempe
Sayur mayur 
Gula
Garam
agar – agar swallow,
roti,
susu,
teh,
kornet,
kopi
minyak goreng,
ikan asin,
gula merah,
cabe,
bawang merah
bawang putih
Kacang kulit
Makanan ringan lainnya.

G. Perlengkapan lain - lain.
Headlamp atau Senter, beserta baterai dan bohlam cadangan,
Survival Kit, Obat-obatan (Wajib),
Lampu penerangan
powerbank 
botol kosong untuk wudhu
tali plastik 
Tissu Toilet,
Lilin,
Korek Api, 
Pisau Lipat Serbaguna dan parang,
Benang Jahit sama Jarum,
Kamera Pastinya buat mengabadikan keindahan alam disana,

Perlengkapan Pribadi lainnya seperti : pakaian dalam, odol, sikat gigi, shampo, sabun mandi, uang, handphone, KTP, ATM.

Mungkin ada tambahan dari teman-teman lainnya?
Berbagi dengan artikel ini :
Ditulis oleh : Bang Dayat
Description: Perlengkapan Saat Mendaki Bukit atau Gunung , Rating: 5
Reviewer: Bang Dayat, ItemReviewed: Perlengkapan Saat Mendaki Bukit atau Gunung

Artikel terkait tentang

Berlangganan Artikel BD
Masukkan Email Anda:

 
Support : Bang Dayat
Copyright © 2012-2017. Bang Dayat Blog's - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger