Home » » Cara Mudah Membuat Kode QR

Cara Mudah Membuat Kode QR

Diposting Oleh Bang day ; Hari Rabu, 22 Maret 2017 Jam 22.04

Kode Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dasasan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang. (sumber : wikipedia.org)

Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.(soon,2008)

Diatas telah dijelaskan sedikit apa itu kode QR, nah berikut ini saya ingin berbagi bagaimana caranya membuat kode QR.

1. Silahkan kunjungi situs https://www.the-qrcode-generator.com/

2. Setelah masuk ke halaman tersebut, silahkan anda pilih "free text", "url", "contact", "phone", "sms". Sesuaikan dengan kebutuhan anda.


3. Kemudian masukkan text dan secara otomatis kode QR akan terbentuk. 

4. Kalau sudah selesai silahkan anda save kode QR nya.

Cukup sekian sharing tips dari saya, semoga bermanfaat. 
Berbagi dengan artikel ini :
Ditulis oleh : Bang Dayat
Description: Cara Mudah Membuat Kode QR , Rating: 5
Reviewer: Bang Dayat, ItemReviewed: Cara Mudah Membuat Kode QR

Artikel terkait tentang

Berlangganan Artikel BD
Masukkan Email Anda:

 
Support : Bang Dayat
Copyright © 2012-2017. Bang Dayat Blog's - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger