Home » » Malaysia Klaim Tari Tor Tor

Malaysia Klaim Tari Tor Tor

Diposting Oleh Bang Dayat ; Hari Senin, 18 Juni 2012 Jam 22.36


Uhhhh... dah bosen denger berita yang kayak gini... klaim klaim budaya lagi. Negara tetangga pula yaitu Malaysia. Kalo  menurut BD alangkah baiknya pihak Indonesia bicarakan dulu ke pihak Malaysia agar mereka menjelaskan semuanya dalam artian klaim mereka tentang tari tor tor.

Sebenarnya BD dah tau beberapa hari yang lalu tapi male aja nanggapinnya, tapi kali ini kok jadi pengen posting masalah ini ya..mmh mungkin lagi datang mood baiknya. Kalo tarian Tor Tor diklaim Malaysia, orang batak bisa marah2 lo karena itu tarian mereka dan sangat sakral.

Ngak sengaja nemuin berita di Republika tentang pendapat dari anggota dewan yang memberikan statemen bahwa Malaysia Bukan Tetangga yang Baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Malaysia sudah keterlaluan. Negeri jiran itu tak hentinya mengklaim kebudayaan asli milik Indonesia. Pemerintah dituntut bersikap tegas. "Malaysia tidak pantas disebut sebagai tetangga yang baik," kata politisi Partai Hanura, Akbar Faisal, Senin (18/6), di DPR-RI Jakarta.

Pemerintah Malaysia, kata Akbar, semestinya malu. Pasalnya dalam berbagai forum internasional dengan Indonesia, pemerintah sudah sering menyampaikan keluhannya atas sikap Malaysia yang asal klaim terhadap kebudayaan milik Indonesia. "Malaysia harusnya malu diteriaki maling," ujar Akbar.


Sudah saatnya menurut Akbar Pemerintah Malaysia menghentikan polah tak terpujinya. Malaysia harus berkaca dan sadar diri mengenai peran Indonesia dalam kemajuan negara mereka. "Mereka maju karena guru-guru yang kita kirim," kata Akbar.


Sementara itu anggota Komisi X Fraksi Partai Amanat Nasional Eko "Patrio" Purnomo menyayangkan sikap Malaysia yang berulangkali mengklaim kebudayaan milik Indonesia. Komisi X akan mengusulkan kepada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata membentuk komite penyelamat kebudayaan. "Tugas komite menyelamatkan budaya-budaya kita dan kuliner kita," katanya.


Menurut Eko usaha pelestarian kebudayaan Indonesia bukan hanya tanggungjawab pemerintah pusat. Melainkan juga pemerintah dan masyarakat. Klaim tari Tor-tor oleh Malaysia mesti menjadi pelajaran bersama.

"Yang saat ini terjadi masyarakat, itu ingin tarian tor-tor menjadi milik Malaysia. Padahal itu tarian untuk penobatan raja," kata Eko.

Kedepan menurut Eko perlu dibangun sebuah komunikasi yang baik antara pemerintah Indonesia dan Malaysia menyangkut identitas kebudayaan masing-masing negara. Selain itu pemerintah juga harus menggiatkan kegiatan-kegiatan kebudayaan di tingkat lokal. "Pentas kebudayaan jangan hanya menjadi kegiatan seremoni tahunan," ujar Eko.


Aish....coba aja Malaysia klaim tarian dari Papua hahahaha...palingan mereka ikut2an pakai koteka, lari-lari bawa tombak...
Berbagi dengan artikel ini :
Ditulis oleh : Bang Dayat
Description: Malaysia Klaim Tari Tor Tor , Rating: 5
Reviewer: Bang Dayat, ItemReviewed: Malaysia Klaim Tari Tor Tor

Artikel terkait tentang

Berlangganan Artikel BD
Masukkan Email Anda:

 
Support : Bang Dayat
Copyright © 2012-2017. Bang Dayat Blog's - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger