Home » » Penyebab Kerusakan Hardisk

Penyebab Kerusakan Hardisk

Diposting Oleh Bang day ; Hari Selasa, 06 Agustus 2013 Jam 14.39

Kemarin saya telah memposting tentang tips merawat hardisk agar awet bagi yang belum baca silahkan baca disini. Nah dalam postingan ini pun masih berkaitan dengan hardisk yaitu faktor penyebab kerusakan hardisk karena salah satu penyebab ini yang membuat hardisk laptop saya rusak. Berikut hal-hal penyebab kerusakan hardisk :


Faktor Usia Hardisk
Usia hardisk yang telah lama merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan hardisk. Hal ini sudah dapat dimaklumi. Namun, dengan perawatan yang tepat hardisk Anda akan lebih awet bahkan bisa kita wariskan kelak kepada anak dan cucu...hehe

Over Heat
Panas yang berlebihan dapat memicu kerusakan hardisk. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua peralatan listrik mengalami efek samping terjadinya panas sebagai akibat dari perubahan energi listrik. Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan pendingin tambahan pada hardisk. Harganya di pasaran pun relatif murah, kurang lebih hanya 15 ribu rupiah.

Hardisk dalam Keadaan Miring
Meskipun untuk menjaga suhu hardisk disarankan menggunakan pendingin tambahan atau fan untuk laptop tetapi usahakan memberi ganjal agar posisi hardisk tetap dalam keadaan datar, karena meskipun hardisk laptop lebih simpel dibandingakn bentuk pada hardisk komputer perlu Anda ingat hardsik tetap dalam bentuk piringan di dalamnya. Sehingga jika terus-terusan menggunakan laptop dalam keadaan hardisk miring / tidak datar akan mengakibatkan kerusakan pada hardisk itu sendiri.

Jatuh atau Terbentur
Terkadang tiba-tiba saja laptop kita jatuh atau hardisk yang kita bawa terbentur benda-benda keras lain saat melakukan pemindahan hardisk. Untuk menghindari hal ini Anda dapat membawa laptop menggunakan tas yang aman, atau saat memindahkan hardisk sebisa mungkin menghindari guncangan.

Shutdown Tidak Sesuai Prosedur
Mematikan komputer dengan langsung mencabutnya dari steker dapat berakibat fatal untuk kondisi hardisk. Jadi pastikan Anda mematikan komputer dengan prosedur shutdown yang tepat. Bukannya langsung menekan tombol power pada komputer maupun pada laptop.

Aktifitas Hardisk Berlebihan
Terlalu sering bermain game, memutar musik dan video berlama-lama dapat mengganggu kesehatan hardisk. Setidaknya Anda harus bijak dalam menggunakan komputer atau laptop. Jangan terlalu sering melakukan multi tasking jika komputer atau laptop Andatidak memiliki spek yang bagus.

Tegangan Listrik tidak Stabil
Tegangan yang tidak stabil dapat mengakibatkan aliran arus yang mengalir ke dalam komponen menjadi tidak sesuai prosedurnya, untuk komputer mungkin hampir semua menggunakan stavolt namun pada laptop biasanya langsung menggunakan charger. Oleh karena itu tidak disarankan bagi pengguna laptop untuk menggunakan charger langsung tanpa dipasang baterai, apalagi seringnya listrik padam yang mengakibatkan komputer maupun laptop mati mendadak dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk.

Membawa Laptop dalam Kondisi Menyala
Saat latop dalam kondisi standby atau hibernate disarankan untuk tidak membawa laptop kemana-mana karena beresiko terkena guncangan berlebihan.

Terlalu Sering atau Tidak Sama Sekali Melakukan Defrag
Tujuan defrag adalah untuk melakukan perawatan hardisk yaitu dengan cara mengatur posisi file seperti penataan buku pada perpustakaan, namun jika berlebihan melakukannya dapat menyebabkan bad sector pada hardisk. Karena sama saja memaksa hardisk untuk Disarankan melakukannya 2-3 bulan sekali saja.

Harddisk Tidak Dirawat
File-file sampah seharusnya dibuang. File yang tidak tersusun rapi menyebabkan file saling menimpa dan head hardisk membaca dengan acak sebab susunan file tidak rapi. Hal ini dapat menyebabkan bad sector, lebih parahnya lagi sampai mengalami bad cluster. Kalian bisa menggunakan aplikasi bernama CCleaner untuk membersihkan file sampah tersebut.

Sering Melakukan Instal dan Uninstal Program
Terlalu sering melakukan penginstalan program maupun uninstal program pada komputer dapat menyebabkan hardisk mudah mengalamai bad sector. Begitu juga terlalu over melakukan instal ulang.

Semoga postingan ini bermanfaat dan hardisk sobat bisa awet lebih lama.
Berbagi dengan artikel ini :
Ditulis oleh : Bang Dayat
Description: Penyebab Kerusakan Hardisk , Rating: 5
Reviewer: Bang Dayat, ItemReviewed: Penyebab Kerusakan Hardisk

Artikel terkait tentang

Berlangganan Artikel BD
Masukkan Email Anda:

 
Support : Bang Dayat
Copyright © 2012-2017. Bang Dayat Blog's - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger