Home » » Perbedaan RAM DDR SODIMM dan RAM DDR

Perbedaan RAM DDR SODIMM dan RAM DDR

Diposting Oleh Bang day ; Hari Jumat, 22 November 2013 Jam 14.03

Kebetulan kemarin saya sedang mencari salah satu komponen komputer yaitu RAM atau Random Access Memory. Saya ingin membeli RAM secara online karena ditempat saya harganya lebih mahal ketimbang beli secara online. Disaat saya browsing dan browsing mencari RAM saya menemukan istilah pada RAM dengan istilah "DIMM", "SO DIMM", "LONG DIMM".

Mmmh cukup membingungkan saya karena kalau saya salah beli maka RAM nya bisa jadi tidak bisa dipakai. Untuk itu saya oprek-oprek diinternet perbedaannya itu apa dan sekalian sharing kepada teman-teman lainnya. Ternyata bentuk RAM untuk laptop dan PC (personal computer) itu berbeda.

RAM DDR SODIMM

Small Outline Dual In-Line Memory Module (SO-DIMM) merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat lebih menghemat ruang yang tentunya sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook.

Perkembangan generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3 SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO-DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin. Lebih sedikit daripada DDR3 SDRAM.

Bentuknya seperti ini

Perbedaan RAM DDR SODIMM dan RAM DDR

RAM DDR

Untuk DDR RAM ini merupakan jenis memory yang digunakan pada PC (Personal Computer). Kalau sobat masih bingung, tahu kan dengan CPU yang besar itu, nah CPU itu menggunakan RAM DDR. Jika dibandingkan dengan RAM notebook ukuran RAM untuk PC ini ukurannya lebih panjang.

Untuk perkembangannya sendiri RAM DDR ini mulai dari DDR1, DDR2, dan sekarang sudah DDR3. Saya sendiri masih mempunyai CPU yang menggunakan DDR1 tapi sekarang sudah nganggur karena kemampuannya yang sudah tidak kuat lagi dan sparepart yang susah dicari dipasaran. Selain itu harganya mahal. Perlu diketahui harga RAM DDR3 lebih murah ketimbang DDR2.

Bentuk RAM nya seperti ini

Perbedaan RAM DDR SODIMM dan RAM DDR
Berbagi dengan artikel ini :
Ditulis oleh : Bang Dayat
Description: Perbedaan RAM DDR SODIMM dan RAM DDR , Rating: 5
Reviewer: Bang Dayat, ItemReviewed: Perbedaan RAM DDR SODIMM dan RAM DDR

Artikel terkait tentang

Berlangganan Artikel BD
Masukkan Email Anda:

 
Support : Bang Dayat
Copyright © 2012-2017. Bang Dayat Blog's - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger